Wajib Baca Tutorial Dasar Bermain Minecraft PE

Pertama kali bermain gim crafting di ponsel pasti agak membingungkan, apalagi kalau gim crafting pertama yang kamu mainkan adalah Minecraft P.E. Namun jangan kawatir, Minecraft pada dasarnya memiliki basic permainan yang sederhana dan tidak jauh berbeda dari gim sejenisnya.

Oleh sebab itu, jika kamu benar-benar pemula atau baru pertama kali mencoba game Minecraft, berikut tutorial memulainya serta hal-hal yang harus kamu ketahui :

1. Tipe mode permainan


Pada Minecraft P.E, saat kamu mengklik menu main kemudian memilih membuat dunia, maka kamu akan menemui dua pilihan mode permainan. Yaitu mode creative dan mode survival, mungkin dari namanya saja kamu sudah tahu bagaimana gameplay yang dimainkan.

Mode kreatif adalah mode di mana kamu bebas membuat apa saja yang kamu inginkan dengan bahan dan item yang sudah ada semua. Pada mode kratif kamu layaknya dewa pencipta yang bisa melakukan apapun, termasuk terbang.

Sedangkan mode petualangan/bertahan hidup adalah mode untuk bertahan hidup dan mengembangkan kehidupan karakter mu. Jadi saat pertama kali muncul karakter mu tidak memiliki apa-apa, biasanya yang akan dilakukan pertama kali adalah menebang pohon atau menggali tanah.

Untuk selanjutnya mari fokus membicarakan mengenai mode survival karena pada mode kreatif saya rasa tidak ada tutorial khusus kecuali membangun bentuk sesuatu. 

2. Bahan dan item wajib di awal

Hal pertama yang harus kamu lakukan di survival Minecraft P.E adalah menebang pohon, kayu adalah bahan wajib yang harus kamu cari dari saat pertama karakter mu lahir. 

Carilah kayu 15-30 batang, kemudian buatlah crafting table, untuk membuatnya kamu bisa klik tanda titik di pojok menu bawah yang menampilkan isi tas mu (dibagian bawah di samping tombol loncat). 

Setelah selesai dibuat pindahkan dari tas ke menu bawah, dan pasang sembarang di tanah. Buatlah perkakas seperti pedang dan kapak. Setelah membuatnya cari pohon dan bunuh 3 ekor domba, sehingga kamu akan mendapatkan kayu dan bulu domba/wol. 

Hal ini kamu lakukan untuk bisa membuat tempat tidur, dan bisa melewati malam tanpa harus bertemu dengan monster-monster yang sangat merepotkan. Atau kalau kamu menemui desa, kamu bisa "mengambil" tempat tidur salah satu warga XD. 

3. Membuat tempat berlindung


Ada berbagai tipe rumah yang dibuat oleh pemain Minecraft saat memulai petualanganya. Misalnya rumah di bawah tanah, membuat goa di dinding/jurang, atau membuat rumah kotak dari kayu. 

Tetapi sebelum kamu membuat rumah, perhatikan tempat membuatnya, pastikan dekat dengan hutan, sungai, ada binatang, dan bebatuan. Kamu akan memerlukan kayu, daging dan batu diawal petualangan mu. 

4. Interior item yang penting

Setelah membuat rumah, setidaknya kamu harus mengisinya dengan benda-benda berikut : Tempat tidur, meja crafting, tungku, dan kotak penyimpanan. Itulah item dan benda wajib diawal bermain Minecraft P.E. Bahan-bahan yang diperlukan tinggal kamu cari dari hutan dan bebatuan. 

Btw, jika kamu mati karena diserang monster di malam hari, mati karena loncat dari tebing, atau mati karena lapar, maka kamu akan respawn di tempat terakhir kamu tidur. Resiko jika karakter mu mati adalah bahan dan item yang sudah kamu kumpulkan, simsalabin, hilang! Tetapi sebenarnya item dan bahan itu tercecer di tempat karakter mu mati. 

5. Benda/item yang wajib dibawa saat berpetualang

Pada Minecraft P.E barang yang kamu bawa sangat terbatas sesuai kapasitas tas penyimpanan. Jadi bawalah hanya pedang, kapak, tambang, sekop dan daging yang sudah dimasak, tambahan obor jika kamu mining jauh ke dalam tanah. 

Ingatlah untuk memperhatikan bar makanan di pojok kanan atas, jangan sampai kosong. Jika sudah tersisa 3 atau 2 bar, segeralah makan. Cara makan di Minecraft P.E yaitu dengan memilih makanan yang ingin dimakan, kemudian men-tap dan tahan (layar bagian kanan) sampai karakter mu habis mengunyahnya. 

6. Buat gudang penyimpanan


Hal dasar terakhir yang harus diperhatikan saat mulai main Minecraft P.E adalah membuat gudang yang isinya kotak penyimpanan. Sangat disarankan untuk mengumpulkan bahan sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum kamu meng-crafting sesuatu. 

Setelah kamu memiliki bahan dan persediaan yang cukup, kamu sudah siap ketahap selanjutnya yaitu mengembangkan kehidupan karakter mu. Membuat bangunan baru, membuat sistem pertahanan dari monsters, berternak, bertani, dan lain-lainya.

Oke, jadi itulah tutorial dasar bermain Minecraft P.E. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan jejak di blog ini, terimakasih.

Comments