Cara Tidur Cepat Dan Nyaman Kurang Dari 2 Menit


Tidak bisa tidur dengan cepat, padahal sudah sangat ingin untuk beristirahat? Terkadang itulah yang kita alami ketika hendak tidur namun mata menolak untuk melakukannya sehingga akhirnya begadang sampai pagi. Mungkin kamu sudah mencoba banyak metode di web sebelah namun belum juga berhasil.

Metode apapun yang kamu gunakan akan sia-sia jika kamu belum paham apa sebenarnya yang menyebankan kamu tidak bisa tidur. Penyebab tidak bisa tidur inilah yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan teknik untuk tidur dengan cepat. Bisa tidur seharunya kondisi alami, jadi jika tiba-tiba kamu tidak bisa tidur, itu berarti ada yang salah. 

Jadi sebelum kemu mencoba berbagai teknik dan mantra cara tidur dengan cepat yang kamu dapat, mari kita ulas dulu faktor-faktor yang membuat kamu tidak bisa tidur dengan cepat atau nyenyak.

Penyebab tidak bisa tidur

Hal pertama yang membuat kamu tidak bisa tidur dengan cepat dan nyenyak adalah karena pikiran yang masih aktif dan terus bekerja memikirkan sesuatu yang "berat". Jika pikiran mu masih aktif memikirkan sesuatu, maka kamu akan sangat kesulitan untuk tidur. Oleh sebab itu, nanti kita akan membahas juga cara mengosongkan dan menenangkan pikiran. 

Seperti yang kita tahu bahwa pikiran dan otak mengeluarkan gelombang-gelombang pada frekuensi tertentu. Gelombang yang tenang menunjukkan seseorang yang siap untuk tidur atau sudah berada dalam tidur yang dalam. Berita bagusnya adalah ada cara untuk membuat gelombang ini menjadi tenang sehingga kamu bisa bersiap untuk tidur. 

Sedangkan hal kedua yang mempengaruhi kamu untuk bisa tidur atau tidak adalah kondisi dan kenyamanan kamar mu. Kamu harus membuat kamarmu sedemikian rupa agar nyaman untuk mu, selain itu pencahayaan di dalam kamar juga sangat mempengaruhi. Menurut penelitian yang dilakukan, tubuh akan bisa tidur lebih cepat dalam suasana gelap atau cahaya yang minim. 

Nah, itulah dua hal utama yang menentukan apakah kamu bisa tidur dengan cepat atau tidak. Sebenarnya tingkat kelelahan atau keletihan juga bisa mempengaruhi kecepatan tidur, namun ini sebenarnya masuk pada alasan pertama, orang yang letih tidak bisa memikirkan apa-apa lagi, jadi ia cenderung akan tidur dengan cepat. Tetapi jika orang tersebut letih namun masih memikirkam sesuatu, ia cenderung tetap tidak bisa tidur dengan cepat. 

Cara mengosongkan dan menenangkan pikiran


Mengosongkan pikiran cukup berbahaya karena bisa membuat kamu kesambet, hehe. Tetapi mari kita lebih kepada menenangkan pikiran sehingga kamu bisa tidur dengan kecepatan yang wajar dan dengan kenyenyakan yang maksimal. Mungkin kamu adalah orang sibuk, orang penting, atau orang yang sedang dalam banyak masalah sehingga kamu memiliki berjuta-juta hal yang harus dipikirkan. Namun demikian, mari kita lupakan hal itu dan buat pikiran mu tenang dengan teknik imajinasi pikiran.

Untuk membuat pikiran menjadi tenang kamu tidak boleh memikirkan hal yang kamu anggap berat, menyedihkan atau menakutkan. Oleh sebab itu, cara untuk menenangkan pikiran adalah dengan mengimajinasikan sesuatu yang indah. Eh bukannya berimajinasi itu berarti berpikir? Memang, tetapi saya akan memandu kamu membuat imajinasi yang ringan dan perlahan menurunkan kadar berpikirnya. 

Lakukan hal ini untuk membuat pikiran mu tenang :

- Posisikan diri terlentang diatas kasur, kemudian lakukan pernafasan tarik-tahan-hembuskan untuk menstabilkan detak jantung mu. Ada baiknya kamu sudah mematikan lampu atau memakai lampu tidur. Dan juga hp, tolong matikan atau ubah ke mode pesawat terlebih dahulu, gelombang yang dikeluarkan hp bisa mengganggu proses tidur mu. 

- Bayangkan (tutup mata) kamu sedang berada di bawah pohon rindang di luasnya hamparan padang rumput hijau yang dipenuhi bunga indah. 

- Bayangkan kamu sedang tidur terlentang diatas tanah itu dengan karpet bulu yang empuk dan nyaman sembari dielus oleh angin sepoi-sepoi yang lembut.

Lakukan hal diatas minimal 1 menit, agar imajinasi mu detail dan seakan empuk + sejuk anginya itu benar-benar bisa dirasakan. 

- Bayangkan pada setiap sepoi angin, imajinasimu tersebut memjadi semakin hitam, sekain gelap, semakin hitam, semakin gelap, hingga gelap dan hitam sepenuhnya (Lakukan perlahan).

Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga kamu tak sadar kamu akan tertidur dengan sendirinya. Saya akan menjelaskan mengapa hal ini bisa membuat pikiran mu tenang dan membantu mu tidur dengan cepat. Alasanya sederhana, saat kamu membayangkan keindahan dan kesejukan di bawah rindangnya pohon maka pikiran mu pelan-pelan akan membuang hal-hal berat dan mulai fokus, semakin fokus pada imajinasi mu saja.

Saat pikiran mu terhipnotis dan percaya kamu sedang berada dalam kondisi seperti imajinasi tersebut, maka pelan-pelan gelombang otak mu akan menjadi lambat dan tenang. Hal tersebut karena kamu sedang berimajinasi tentang keindahan dan ketenangan, maka pikirna mu akan mengikutinya. Setelahnya tinggal masalah waktu saja, saya pribadi bisa tidur kurang dari 2 menit dengan teknik imaninasi diatas. 

Kuncinya adalah kamu membuang pikiran yang berat dengan menggunakan pikiran yang indah dan tenang. Kamu bisa memodifikasinya sesuai lokasi yang menurutmu paling indah dan menenagkan, bisa ditepi danau, di taman bunga, dll. Pastikan saja imajinasi mu itu telah paten dan tidak berubah ubah. Atau saran saya gunakan saja dahulu seperti tutorial diatas. 

Oke, jadi begitulah cara menengkan pikiran yang sekaligus menjadi cara atau tutorial agar bisa tidur dengan cepat dan nyenyak. Oh ya, kamu juga bisa memadukannya dengan tips meminum susu sebelum tidur, berolah raga sebelum mandi dan makan malam, atau juga mengatur agar suhu kamar mu sesuai dengan kenyamanan mu (mengatur AC atau kipas angin jika dirasa perlu). 

Jangan lupa tinggalkan jejak di blog ini, dah juga kalau boleh saya minta tolong sama kamu agar klik menu langganan/subscribe di bagian atas blog ini. Sehingga jika ada artikel baru yang terbit, kamu menjadi orang pertama yang tahu diantara teman-teman mu, terimakasih. 

Comments