Tutorial Menggambar Kartun Di Autodesk Sketchbook Android

Hanya pakai jari pula, bagaimana hasilnya? Digital painting di Autodesk Sketchbook sebenarnya gampang-gampang susah. Kalau baru mencoba akan terasa sulit, tetapi kalau sudah biasa akan gampang. Dan kemudian sisanya tergantung jam terbang saja.

Oke, tutorial dan tips menggambar (digital painting) di Autodesk Sketchbook ini akan memakai manusia sebagai objeknya. Langsung saja, inilah tutorialnya :

1. Membuat sketsa


Pertama-tama mari mulai dengan membuat sketsa. Lalu bagaimana cara membuat sketsa? Masukkan foto orang yang akan jadi model gambar, ubah opacitynya ke 50%. Kamu bisa mengatur opacity dengan mengklik layer gambar tersebut, kemudian memilih opacity. 

Berikutnya, tracing atau jiplak pada layer baru diatasnya. Saat tracing gunakan medote zoom in/out untuk mengetahui detailnya (ini sangat penting). Mulailah dari membuat sketsa pinggirnya, sehingga akan terbentuk sketsa siluetnya. 

Baru kemudian setelah itu tracing bagian dalamnya, kalau saya biasanya mulai dari bagian mata. Saat membuat sketsa jangan gerakkan jari/pen secara lambat, tetapi secara cepat (set, set, set, set), agar garisnya tidak terlihat ragu. 

Oh ya, kamu bisa memakai kuas jenis pensil HB/B atau yang lainnya sesuai kesukaan kamu. Pastikan saja agar tidak terlalu tebal/tipis.

2. Warna dasar di bawah sketsa

Berikutnya adalah memberi warna dasar atau base color, buatlah layer baru dan taruh dibawah layer sketsa. Ada dua tehnik umum memberi warna, yaitu menggunakan selekction+fill atau mewarnainya secara manual menggunakan brush yang pinggiranya tegas. 

Silahkan gunakan tehnik yang mana saja, dan jika kamu mau memberi warna yang berbeda dari foto modelnya, coba pelajari materi color harmonies. Materi tersebut bisa membantu mu memadukan warna sehingga tetap terlihat harmonis. 

Karena ini warna dasar, jadi berikan warna flat yang tegas (tidak merah kekuningan, atau biru kehijauan, dll). Kamu bisa memilih warna dasar pada menu Color > Copic. 

3. Membuat bayangan dengan blending multiply
Blending adalah pengaturan pada layer yang bertujuan memberikan efek spesial. Kamu bisa memilihnya dengan mengklik pada layer kemudian pilih menu blending dan ubah ke multiply. 

Buat layer baru diatas base color, ubah ke multiply, kemudian pilih warna bayangan. Nah, di sini ada sedikit triknya, yaitu memilih warna agak ke pojok kiri bawah pada menu lingkaran warna di samping HSL. 

Misal kamu membuat bayangan pada wajah, maka pilihlah warna dasar wajah terlebih dahulu (merah, biru, coklat) kemudia pilih menu lingkaran warna di samping HSL, dan ubah arahnya agak ke pojok kiri bawah (tengah). Saya rekomendasikan pakai warna merah. 

Pilih hard/soft airbrush (saya biasanya pakai soft), kurangi opacity kuasnya (menjadi 20-40%). Lihat bayangan pada foto model, kemudian buat dengan semirip mungkin (ini perlu latihan). Jika kamu ingin agar warna bayangan tidak melebar ke bagian lain, kamu bisa mengginakan alat seleksi Magic Wand pada bagian yang sedang diberi bayangan (Optional).

Saat menggunakan Magic Wand, pilih layer warna dasar terlebih dahulu, baru kemudian pindah ke layer bayangan. Sedangkan untuk membayangi pakaiannya, gunakan saja sama seperti warna dasar yang dipakai (boleh juga sedikit digelapkan). 

4. Membuat bagian terang dengan blending screen
Ini adalah kebalikan dari multiply, buat layer baru diatas layer bayangan, kemudian ubah blendingnya menjadi screen. Triknya sama seperti membuat bayangan pada langkah 3, cuma sekarang ubah warnanya mendekati putih serta opacity kuasnya 10%. 

Lihat referensi foto modelnya, kemudian sesuaikan dan buat semirip mungkin. Ada beberapa bagian yang biasanya sangat terang, jangan ragu untuk membuatnya sangat terang (biasanya bagian kain, hidung, jidat, atau bibir). 

5. Detailing dan finishing
Pada tahap ini, kamu menghapus bagian yang berlebih, dan menambah bagian yang kurang, termasuk penegasan pada beberapa bagian. Biasanya pada bagian ini saya juga menambahkan cahaya spesial dengan blending overlay atau glow pada beberapa bagian.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Autodesk Sketchbook

Membuatkan bingkai atau background jika kamu menginginkannya, menyisipkan tulisan dan atau pernak pernik lain. 
Baik, itulah tutorial dan tips menggambar/digital painting di Autodesk Sketchbook android. Jika kamu ada pertanyaan bisa lansung email saja ke iputubagusindrawijaya@gmail.com, terimakasih.

Comments